Rabu, 10 Desember 2014

melayu dalam pengertian ras



MELAYU DALAM PENGERTIAN RAS
Pada abad 18 (Belanda dan Inggris) menyebut semua penduduk Nusantara dan Semenanjung Malaya sebagai BANGSA MELAYU, berasal dari satu nenek moyang dari daratan Yunnan yangpindah ke Indo Cina dan Kamboja. Gelombang bangsa tsb pindah ke Semenanjung Malaya dan Kepulauan Nusantara (Ras Indo Mongoloid) dan mendesak ras Negroid dan Weddoid, kemudian terjadi percampuran ras. Ras Negrito : rambut bentuk spiral (keriting),Kulit hitam, misalnya suku Semang, tubuh kecil (negrito)Ras Weddoid : tubuh kecil, kulit coklat muda, Rambut ikal, hidung pesek, mis. Suku kubu, Toala dll.Ras Proto Melayu : rambut tdk keriting, kulit Coklat muda, mis. Suku dayak, batak, toraja dll Ras Deutro Melayu : mis. Suku Aceh, Jawa, Bali, Melayu Pesisir Minangkabau, dll.Sebutan untuk sejumlah kelompok sosial di Asia Tenggara (Thailand, Malaysia,Indonesia)Menunjukkan ciri persamaan dari aspek Budaya. RAS MONGOLOID/ MongoloidMelayu Menggunakan bahasa Melayu dan ada yang telah dikembangkan, bahasa tersebut termasuk BAHASA AUSTRONESIA/ Melayu Polinesia
Migrasi Pertama (2500-1500 SM) PROTO MELAYUMasuk melalui Semenanjung Melayu ke Sumatera, Kalimantan, Jawa. Sebagian lainnya masuk melalui Philipina terus ke Sulawesi.
Akhirnya Melayu Tua ini dikenal dengan kelompok etnik Atau suku bangsa Gayo, Alas, Batak, Nias, Talangmamak, Orang Laut, Batin, Kerinci, Mentawai, Enggano, Dayak,Badui, Tengger (Jawa)Migrasi Kedua (300 th SM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar